Jumat, 23 November 2012

PPEJ Sosialisasi Pelestarian Hutan Mangrove di Kab. Sumenep


Sumenep, Memo

Untuk mempercepat Indikator Kinerja Utama (IKU Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan memenuhi mandat Undang Undang Nomor 32 Tahun 2009, serta melaksanakan tugas tugas dan fungsi Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa (PPEJ) sebagaimana diatur dalam pasal 566 Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 16 Tahun 2010,  tentang  pengendalian pemanfaatan ruang dan sumber daya alam ekoregion jawa


Wirjono dari PPEJ Jogjakarta dalam sambutan kemarin di Sumenep mengatakan, adanya bantuan biogas itu dimaksudkan untuk meringankan permasalahan lingkungan sekaligus mensosialisasikan infrastruktur hijau pada lokus strategis.

“Infrastruktur hijau merupakan satu langkah untuk meningkatkan kualitas lingkungan sekaligus persiapan menghadapi tantangan perubahan iklim. Tahun anggaran 2012 di Wilayah Regional Jawa terdapat kegiatan mengenai Program Pengembangan Infrastruktur Hijau, yang bertujuan untuk pengendalian pencemaran lingkngan hidup, pengendalian kerusakan lingkungan hidup dan peningkatan kesadaran masyarakat”, ungkapnya pada ratusan peserta di Halaman BLH Kabupaten Sumenep, Jum’at (23/11).

Acara yang bertema  Pelestarian Hutan Mangrove di Kab. Sumenep di gelar di Halaman BLH Kabupaten Sumenep dan diikuti sedikitnya 120 orang peserta.  Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala BLH Sumenep Ir, H. Patriadi, MM yang juga memberikan sambutan pembukaan sosialisasi dan pengarahan sekilas tentang kebijakang lingkungan hidup. Kegiatan ini juga melibatkan nara sumber lainnya sperti Fence Ohoilulin, Kepala LSM Bina Daya Kasih Magelang sekaligus Pendamping Pemberdayaan Masyarakat, Inovator Nasional 2011, Pengajar Akademik Teknik Lingkungan Tirta Wiyata Magelang.

Sebagai gambaran, kegiatan yang dilakukan adalah memfasilitasi sarana dan prasarana Bank Sampah yang terintegrasi dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di 53 Lokasi, menanam 270.600 batang mangrove di area seluas 82 Ha yang tersebar di 17 lokasi, menanam 406.894 batang pohon di area seluas 374 Ha yang tersebar di 41 lokasi, membangun 124 Biogas Sapi dengan kapasitas 6M3 yang tersebar di 25 Kab/Kota dan membangun 10 Biogas Tinja untuk kapasitas 300 orang yang tersebar di 10 Kab/Kota.

Kegiatan ini disosialisasikan mulai 1 November 2012 s.d 06 Desember 2012 kepada 120 orang setiap kegiatan sosialisasi di 41 Kab/Kota. (fer)

Tidak ada komentar:

***Selamat datang di blog berita Surat Kabar Harian Pagi MEMORANDUM***

Followers